Paranet - Insect net - Polynet

Paranet, Shading Net, Paranet 50%, Paranet 65%, Paranet 75%, Paranet 85%, Paranet Nylon, Jaring Polynet, Safety Net, Insect Net, Insect Screen, Jaring Kasa, Waring Ikan, Waring Hitam, Waring Pagar, dll.

Hubungi Kami:
♦ Phone: 031-8830487 (pada jam kerja) atau
♦ SMS/Call/WA: 0852.3392.5564 / 08123.258.4950 / 0877.0282.1277
♦ Email: limcorporation2009@gmail.com

Cara Budidaya Tanaman Kopi Dengan Memanfaatkan Paranet, Dijamin Hasil Memuaskan!

Cara Budidaya Tanaman Kopi Dengan Memanfaatkan Paranet, Dijamin Hasil Memuaskan! - Hallo sahabat Jual Paranet / Shading Net, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Budidaya Tanaman Kopi Dengan Memanfaatkan Paranet, Dijamin Hasil Memuaskan!, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Artikel, Artikel budidaya kopi, Artikel cara menanam kopi, Artikel cara panen kopi, Artikel distributor paranet, Artikel harga paranet, Artikel jual paranet, Artikel kopi, Artikel pabrik paranet, Artikel paranet nylon, Artikel paranet plastik, Artikel perawatan tanaman kopi, Artikel tanaman kopi, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara Budidaya Tanaman Kopi Dengan Memanfaatkan Paranet, Dijamin Hasil Memuaskan!
link : Cara Budidaya Tanaman Kopi Dengan Memanfaatkan Paranet, Dijamin Hasil Memuaskan!

Baca juga


Cara Budidaya Tanaman Kopi Dengan Memanfaatkan Paranet, Dijamin Hasil Memuaskan!

Distributor Jaring Peneduh Tanaman ( Paranet ) - Lim Coporation

Tanaman kopi merupakan jenis tanaman tahunan yang berumur produktif  dan bisa mecapai sekitar 15 - 20 tahun. Untuk memulai budidaya kopi, gunakanlah jenis tanaman kopi yang berkualitas bagus. Hal utama yang mempengaruhi keberhasilan budidaya kopi adalah pemilihan jenis tanaman, cara budidaya, penanganan pasca panen, dan pemasaran produk.

Pemilihan Jenis dan Varietas

Tanaman kopi merupakan jenis tanaman yang memiliki banyak sekali macam - macam jenis, namun yang sering dibudidayakan cuman 4 jenis saja yaitu arabika, robusta, liberika, dan juga excelsa. Setiap jenis ini memiliki sifat yang berbeda - beda.

Pilihlah jenis tanaman kopi yang cocok dengan kondisi lahan anda. Untuk lahan yang ada pada ketinggian lebih dari 800 mdpl cocok ditanami kopi jenis arabika. Dan untuk lahan yang ada pada ketinggian 400-800 mdpl dapat ditanami jenis tanaman kopi robusta.

Hal lain yang harus dipertimbangkan adalah harga jual produk nantinya. Untuk jenis tanaman kopi arabika harga jualnya lebih tinggi apabila dibandingkan dengan jenis lainnya. Namun robusta memiliki produktivitas yang paling tinggi dan rendemen pun juga tinggi.

Baca Juga:

Penyiapan Bibit Budidaya Kopi

Setelah menentuksan budidaya kopi yang sesuai, proses selanjutnya ialah mencari bibit unggul, menyiapkan lahan dan peneduh. Informasi terkait bibit unggul untuk budidaya kopi dapat dibeli pada toko bibit terpercaya. Sementara itu, untuk peneduh haruslah sudah dipersiapkan setidaknya H - 2 sebelum budidaya kopi dilakukan.

Bibit tanaman pohon kopi dapat diperoleh dengan teknik generatif dan vegetatif. Teknik perbanyakan generatif dari biji pada umumnya digunakan untuk budidaya kopi arabika, dan untuk kopi robusta lebih sering mengunakan teknik perbanyakan vegetatif dengan stek. Untuk setiap teknik perbanyakan bibit memiliki keunggulan dan kelemahan tersendiri.

Penyiapan Lahan

Pelaksanaan budidaya kopi bisa didataran tinggi ataupun didataran rendah, tergantung dari jenisnya. Secara umum kopi senang dengan tanah bertekstur gembur yang banyak akan bahan organik. Berilah dengan tambahan pupuk organik dan penyubur tanah disekeliling area tanaman untuk menambah kesuburan tanaman. Tanaman kopi Arabika akan tumbuh baik pada keasaman tanah sekitar 5-6,5 pH, sedangkan robusta pada tingkat keasaman sekitar 4,5-6,5 pH.
jual paranet nylon & plastik
Hal-hal yang harus dipersiapkan sebelum memulai budidaya kopi ialah menanam pohon peneduh atau jaring paranet. Fungsi pohon peneduh atau jaring paranet yakni untuk mengatur intensitas sinar matahari yang masuk. Karena, tanaman kopi ini adalah tanaman yang tidak terlalu menyukai intensitas cahaya matahari secara penuh.

Pilih pohon pelindung yang tidak membutukan banyak perawatan dan daunnya bisa menjadi sumber pupuk hijau. Bila tidak ingin ribet gunakan saja jaring paranet untuk peneduhnya. Kenapa Mengunakan paranet? Sebab paranet memiliki bahan yang kuat, awet, dan mudah ditemui di toko - toko pertanian, selain itu pemakaian paranet mudah sekali untuk diterapkan dan juga jaring paranet ini memiliki keronggaan atau kerapatan 55% - 75% yang sesuai untuk peneduh tanaman kopi.

Penanaman Bibit Kopi

Setelah semuanya siap, proses selanjunya adalah memindahkan bibit ke lubang media tanam. Untuk jarak tanam budidaya tanaman kopi kami sarankan sekitar 2,75m X 2,75m dan untuk jenis tanaman kopi robusta 2,5m X 2,5m untuk jenis kopi arabika.

Galilah lubang tanam dengan ukuran kurang lebih sekitar 60 x 60 x 60 cm, pembuatan lubang ini dilakukan sekitar 3-6 bulan sebelum penanaman. Akan lebih baik saat menggali lubang tanam pisahkan tanah galian bagian atas dengan tanah galian bagian bawah. Biarkan lubang tanam tersebut terbuka. 2 bulan sebelum penanaman campurkan 200gr belerang dan 200gr kapur dengan tanah galian bagian bawah. Kemudian masukkan kedalam lubang tanam. Beri campuran 20kg pupuk kompos dengan tanah galian atas sekitar 1 bulan sebelum bibit ditanam, kemudian masukkan ke lubang tanam.

Sekarang bibit kopi siap ditanam dalam lubang tanam. Sebelumnya papas daun yang ada pada bibit sampai tersisa sepertiga bagian untuk mengurangi penguapan. Copot bibit kopi dari plastik polybag, lalau gali sedikit lubang tanam yang telah disiapkan. Kedalaman galian disesuaikan dengan panjang akar. Untuk bibit yang memiliki akar tunjang pastikan agar akar tanaman tegak lurus. Tutup lubang tanam supaya tanaman berdiri kokoh, bila diperlukan berikan ajir untuk menopang tanaman supaya tak roboh.

Perawatan Budidaya Kopi

Proses yang diperlukan untuk pemeliharaan budidaya kopi yaitu penyulaman, pemupukan, pemangkasan, dan penyiangan. Berikut penjelasannya :

a. Peyulaman

Setelah bibit ditanam di area kebun, perhatikan dan periksa pertumbuhan bibit tersebut setidaknya 1 H 2 x. Jika umur bibit telah mencapai 1-6 bulan lakukan pemeriksaan sekitar 1 bulan 1 x. Pada saat melakukan proses pemeriksaan, Jika ada pohon kopi yang mati  segera lakukan penyulaman. Proses penyulaman dikerjakan dengan bibit yang sama. Berikan perawatan yang lebih instensif supaya tanaman hasil penyulaman bisa menyamai pertumbuhan pohon yang lainnya.

b. Pemupukan

Proes pemberian pupuk untuk budidaya kopi bisa memakai pupuk organik ataupun pupuk buatan. Pupuk organik bisa didapatkan dari bahan-bahan sekitar kebun seperti sisa - sisa daun dari pohon pelindung atau bisa juga kulit buah kopi sisa pengupasan kemudian dibuat menjadi kompos. Penaburan pupuk untuk setiap tanaman kopi yaitu sekitar 20kg dan diberikan kurang lebih sekitar 1-2 tahun 1.

Cara pemberian pupuk yaitu dengan membuat lubang pupuk yang memutari tanaman. Kemudian masukkan kompos kedalam lubang pupuk tersebut. Dapat juga dengan cara memberi campuran pupuk buatan kedalam kompos. Untuk tanah yang tingkat keasamannya dibawah 4,5 berikan pupuk yang dicampur dengan 1/2 kg kapur. Proses pemberian kapur dilakukan sekitar 2- 4 tahun 1.

c. Pemangkasan pohon

Ada dua tipe pemangkasan dalam budidaya tanaman kopi, yakni memangkas secara berbatang tunggal dan memangkas secara berbatang ganda. Proses pemangkasan berbatang tunggal lebih cocoknya untuk jenis tanaman kopi yang mempunyai banyak cabang sekunder contohnya pada tanaman kopi arabika. Proses pemangkasan berbatang ganda umumnya banyak dipakai didaerah perkebunan rakyat yang menanam robusta. Proses pemangkasan ini lebih cocok pada perkebunan di daerah dataran rendah dan basah.

d. Penyiangan gulma

Hal yang paling utama pada tanaman yang masih muda. Lakukan proses penyiangan setiap 2 minggu dan bersihkan gulma yang ada pada tajuk pohon kopi. Jika tanaman kopi telah lumayan besar, penanganan gulma yang ada diluar tajuk tanaman kopi dapat menggunakan tanaman untuk penutup tanah. Penyiangan gulma pada tanaman kopi dewasa dikerjakan apabila diperlukan saja.

Hama dan Penyakit

Untuk bagian lahan budidaya kopi yang sudah terserang hama dan penyakit akan menurunkan produktivitas tanaman, kualitas mutu kopi dan bahan mengakibatkan kematian tanaman. Untuk penanganan ini gunakanlah pestisida alami dengan menyemprotkan pada tanaman yang terkena hama dan penyakit.

Panen dan Pasca Panen

Untuk tanaman yang pembudidayaannya intensif tanaman telah berbuah pada saat umur sekitar 2,5-3 tahun untuk yang jenis tanaman kopi robusta dan 3-4 tahun untuk yang jenis tanaman kopi arabika. Hasil panen yang pertama umumnya tidak terlalu banyak, produktivitas hasil dari tanaman kopi akan mencapai puncak yang memuaskan pada umur kurang lebih sekitar 7-9 tahun.

Panen budidaya kopi dilakukan secara bertahap, panen raya dapat dilakukan dalam 4 - 5 bulan dengan interval waktu pemetikan setiap 10 -14 hari. Pengolahan dan pemanenan pasca panen berperan besar dalam menentukan mutu produk akhir.
jual paranet nylon & plastik
* Info selengkapnya mengenai harga Paranet klik DISINI

Jika Anda Membutuhkan atau Ingin Menggunakan Paranet untuk peneduh tanaman, peneduh lapangan outdoor, peneduh kolam ikan atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga yang murah dan bahannya lebih awet Anda bisa menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja. ( Minggu dan Hari Besar Tutup ).

Customer Service :
Telp : 031 - 8830487
Mobile : 0852 3392 5564 / 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950
Email : limcoporation2009@gmail.com

Catatan :
- Minimal order 5 roll
- Harga netto ( tidak termasuk PPN )
- Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos Kirim ke kota tujuan
- Harga tidak mengikat, bisa berubah sewaktu –waktu



Demikianlah Artikel Cara Budidaya Tanaman Kopi Dengan Memanfaatkan Paranet, Dijamin Hasil Memuaskan!

Sekianlah artikel Cara Budidaya Tanaman Kopi Dengan Memanfaatkan Paranet, Dijamin Hasil Memuaskan! kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara Budidaya Tanaman Kopi Dengan Memanfaatkan Paranet, Dijamin Hasil Memuaskan! dengan alamat link http://paranet77.blogspot.com/2018/12/cara-budidaya-tanaman-kopi-dengan.html

0 Response to " Cara Budidaya Tanaman Kopi Dengan Memanfaatkan Paranet, Dijamin Hasil Memuaskan!"

Posting Komentar